Visitors

Popular Posts

Pengikut

Arsip Blog

Tags:

Mahasiswi Berjilbab Ditendang Sopir Bus

By Arief Buhari →

imageSuaranews – Adeeba Jabbar dari Porirua  menangis di jalan sesudah sopir bus menolak untuk membiarkannya masuk ke dalam bus lantaran dia bercadar. Dua temannya merasakan nasib sama. Ketiganya merupakan mahasiswi Arab Saudi yang sedang belajar di Selandia Baru.
Konsulat Jenderal Arab Saudi sudah menulis kepada pemerintah negeri tersebut mengenai peristiwa yang dialami tiga warganya tersebut. Ini merupakan peristiwa tidak menyenangkan kesekian kalinya yang dirasakan, sesudah sebelumnya, satu orang sopir bus, misalnya, memintanya buat melepas jilbab saat akan naik bus. Pakaian yang dipakai ketiganya merupakan pakaian tradisional Arab, yang mereka biasa kenakan di negara asal.
Menjawab keberatan mereka, pihak pengelola transportasi massal di Selandia Baru setelah itu mengungkapkan kedua driver sudah dikirim pada program konseling – serta keduanya dinyatakan menderita “maskophobia”, alias fobia atas masker.
“Keduanya menyatakan tersebut bukan karena alasan agama … Namun mereka benar-benar mempunyai fobia atas orang yang menggunakan topeng, tersebut lantaran kami tak memecat mereka,” ucap manajer publik perusahaan pengelola bus, Jon Calder, kemarin.
Sameer Aljabri, suami dari salah satu orang perempuan, menyampaikan dia hendak mengajukan keluhan resmi pada Komisi Hak Asasi Manusia terhadap peristiwa yang mengenai istrinya. Menurutnya, apa yang berlangsung, amat menyakitkan daripada keterangan lembaga tersebut.
“Ketika dia melangkah ke bus yang penuh sesak, sopir berteriak,” Keluar! ” Ia bertanya kenapa serta diberitahu, `’lantaran Anda menutupi wajah Anda’… Ia ngotot supaya istri saya turun dari bus, lantas menutup pintu serta pergi,” katanya.
Ketua urusan etnis Asosiasi Buruh Selandia Baru, Ashraf Choudhary, menyampaikan dia sudah berbicara pemerintah, memperingatkan sebenarnya peristiwa seperti itu dapat membahayakan kemampuan Selandia Baru buat menarik mahasiswa Muslim.
“Mahasiswa Saudi menyumbang 300 juta dolar AS untuk perekonomian kita,” jelasnya.(republika/suaranews)

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.