Visitors

Popular Posts

Pengikut

Arsip Blog

Tags:

Muslim Thailand Belajar Strategi Dakwah Kepada PKS

By Arief Buhari →
image Suaranews – Terletak di sebuah asrama di dekat Universitas Ramkhamhaeng, Bangkok, Ahad (3/7), tidak sedikit 20 Muslim Thailand dengan cara saksama memperhatikan paparan dari tim Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berbagi ilmu terkait metode berdakwah. Mereka dimotivasi buat menebarkan ajaran Islam yang sarat toleransi.
“Ajaran mengenai toleransi agama amat penting,’’ kata Ketua Badan Pengembangan Kepemimpinan Dewan Pengurus Pusat PKS, Dwi Triyono, kepada mereka. Umat Islam wajib menghindari serta tak boleh jadi penyebab konflik agama maupun ras. Konflik, ucap ia, dapat dihindari beserta memahami Islam sepatutnya agama bagi seluruh alam.
Muslim Thailand pula mesti sungguh-sungguh memahami Islam semestinya agama yang ajarannya tak boleh dicampur beserta ajaran agama lain. “ Lakum dinukum wa liya din,’’ paparnya mengutip ayat terakhir surah al-Kafirun.
Thailand mempunyai 77 provinsi. Pusat massa Muslim terkuat terletak di Thailand Selatan, yaitu daerah Pattani, Yalla, serta Naratiwat. Di luar tersebut, umat Islam hanyalah minoritas. Tidak kurang lima juta Muslim hidup di Thailand. Dari jumlah tersebut, 4.000 di antaranya yaitu pemuda yang sebagian besar belum menikah. Mereka berbicara dalam bahasa Melayu serta Siam. Dwi menyarankan supaya para pemuda Muslim ini disebar di setiap provinsi. Tugas utama mereka yaitu mendakwahkan Islam seraya tidak mengesampingkan kearifan lokal.
Ketua World Association of Muslim Youth (WAMY) wilayah Thailand, Abdul Rosid Niringjuerae, mengungkapkan, pemuda Mus lim di Thailand terus berupaya buat berdakwah pada masyarakat sekitar. Dua kali dalam sepekan, mereka mengikuti halaqah.
Sejauh ini, lanjut Rosid, pihaknya masih terus memohon dukungan dari negara-negara Timur Tengah buat mendirikan masjid serta sekolah-sekolah Islam di Thailand. Pada saat yang sama, pihaknya pula terus berikhtiar menambah koleksi perpustakaan-perpustakaan Islam. Ceramah agama di masjid-masjid pula ditingkatkan.
Pemuda Muslim yang berkualitas dikirim ke Timur Tengah dan Indonesia untuk menimba ilmu. Biar mereka memiliki pengetahuan Islam yang mumpuni, katanya. Ia mengakui, belum ada rencana untuk berdakwah secara masif, meski pi hak nya sangat menginginkan hal itu. Kita membuat rencana dulu.
Saat ini, kata Rosid, banyak warga Thailand yang tertarik dengan Islam. Setiap bulannya, ada saja di antara mereka yang berpindah keyakinan menjadi Muslim. Data terakhir menunjukkan, terdapat sekitar 20 sekolah Islam di Bangkok. Sementara ada sedikitnya 2.000 anak dan pemuda di kota ini yang dididik dengan cara Islam. Mereka akan menjadi kader kita. ed: wachidah handasah.(rp/suaranews)

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.